Wajit Makanan Wajib khas Garut - Jajanan Tradisional Garut

Jumat, 23 Maret 2018

Wajit Makanan Wajib khas Garut


Jika anda berkujung ke Garut, anda harus mencoba makanan yang satu ini, yaitu wajit. Wajit merupakan makanan khas daerah Garut, yang sama bahannya dengan dodol garut. Jika dilihat dari isinya, seperti dodol. Namun makanan ini sangat enak!

angan khawatir, harganya cukup terjangkau yaitu kira - kira perkilonya 20 ribu/kg,  dan 10 ribu/500gram. Makanan ini sering di jumpai di pasar - pasar, toko makanan khas daerah, dan toko piknik.

Angleng dan wajit, sebenarnya sama dengan dodol Garut yang diproduksi dari beras Ketan dan Gula merah. Bedanya adalah Dodol diolah menjadi semacam karamel, sedangkan wajit tidak. Makanan ini diproduksi oleh masyarakat di kabupaten Garut khususnya di Kecamatan Cihurip.


Berikut adalah cara membuat wajit :
  1. Mula mula cuci bersih beras ketan, rendam beras sampai terendam selama 2-3 jam. tiriskan.
  2. Panaskan kukusan/ dandang dan kukus beras ketan selama 40 menit hingga 3/4 matang.
  3. Ambil panci tersendiri masak air200 ml hingga mendidih.
  4. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah 3/4 matang ke dalam 200 ml air mendidih. aduk rata hingga air tereserap dan meresap ke beras ketan. diamkan dulu...
  5. Di sela sela waktu silakan masak santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan dan daun jeruk hingga mendidih dan kental. ( Sebaiknya menggunakan wajan penggorengan besar dan lumayan tebal untuk menghindari kemungkinan cepat gosong) 
  6. Lalu masukkan adonan ketan masak hinggga santan dan gula terserap habis oleh ketan. aduk-aduk selama proses santan terserap. masak terus hingga kering dan berwarna coklat mengkilap.
  7. Lalu angkat, panas-panas tuang ke dalam baki atau loyang ratakan sambil di tekan-tekan. dinginkan.
  8. Kemudian potong-potong sesuai selera hias dengan potongan daun pandan dan siap disajikan.

2 komentar: